Apa Itu Vevo?

Assalamualaikum wr. wb.
Hi Guys, kali ini aku akan membahas "Apa sih VEVO itu?"
Kalian niscaya sering lihat di Youtube pada channel video musik luar negeri maupun dalam negeri yang populer belankangnya sering ada goresan pena VEVO, misalnya JonasBlueVEVO, JustinBieberVEVO, IsyanaVEVO, dll. Sebenarnya VEVO itu apa sih? VEVO ialah situs musik yang dilindungi hak cipta dan punya lisensi khusus untuk mengunggah video para musisi dengan kualitas bunyi dan gambar yang jauh lebih baik (High Definition/HD antara 720p-1080p).

VEVO mengunggah banyak sekali video musik dari tiga label besar, yaitu Electric and Musical Industries, Sony Music Entertainment, dan Universal Music Group. Alasan dibentuknya VEVO alasannya banyaknya video para musisi yang diunggah secara bebas oleh siapapun ke youtube dan hal itu dianggap merugikan pihak label dan musisi itu sendiri. 3 perusahaan besar yaitu Sony, Universal, dan Abu Dhabi Media berkolaborasi membentuk VEVO untuk memperoleh laba yang lebih baik dari youtube. VEVO diresmikan pada tanggal 8 Desember 2009 sehabis ada komitmen antara VEVO dan Youtube.

Menurut CEO VEVO yaitu Rio Carseff, Jumlah total video telah mempunyai lebih dari 75 ribu video musik HD dan juga konser secara eksklusif yang disediakan untuk setiap orang di dunia yang menyukai musik. Berapa pembagian laba antara VEVO, Label, dan Youtube? Menurut Wallstreet journal VEVO membayar Label USD 70 ribu untuk 10 juta klik sementara sebelum ada VEVO, Youtube hanya membayar USD 30 ribu untuk 10 juta klik. Pembagian laba biasanya 40% musisi dan 10% publisher kemudian pembagian laba antara VEVO dan Youtube ialah 65% VEVO dan 35% Youtube.

Beberapa Musisi Indonesia yang sudah berlabel VEVO diantaranya:
1. Agnes Monica
2. Glenn Fredly
3. Isyana Sarasvati
4. Marcello Tahitoe (Ello)
5. GAC (Gamaliel, Audrey, Cantika)
6. The Overtunes
7. Fatin Shidqia Lubis
8. Superman Is Dead
9. Gita Gutawa
10. The Changcuters
11. Sheila On 7
12. Judika
13. Sandhy Sondoro
14. Rio Febrian
15. Terry
16. Audy
17. Tangga

Oke itu aku pembahasan kali ini, mungkin kalian semua sudah paham.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel